Amankan Bisnis UKM Anda Sekarang: Tutorial Lengkap Cara Daftar Merek Dagang

Cara Daftar Merek


Bonus: Download E-Book Panduan Pendaftaran Merek Dagang


 

 

Pentingnya Memahami Cara Daftar Merek Dagang

 

Merek Dagang merupakan salah satu dari Hak Kekayaan Intelektual selain dari Hak Cipta, Hak Paten, dan Hak Desain Industri.

Mengetahui cara pendaftaran merek dagang merupakan hal yang penting apabila Anda termasuk:

  • Orang yang sudah lama berbisnis dengan usaha yang sudah mapan
  • Orang yang sedang mengembangkan usaha berbasis UMKM
  • Pegawai PNS/BUMN/Swasta
  • Atau apapun pekerjaan Anda

Mengapa penting untuk semua orang?

Bisa jadi memang belum bermanfaat bagi Anda sekarang, namun bermanfaat bagi orang-orang terdekat Anda khususnya yang sedang mengembangkan bisnis seperti bisnis berbasis UMKM.

Kenapa Harus Mendaftarkan Merek Dagang

 

Apa yang Bisa Didaftarkan Sebagai Merek Dagang?

 

Berdasarkan UU Merek, terdapat beberapa unsur yang dapat didaftarkan sebagai merek dagang yaitu:

  • Gambar

Merek Dagang Cap Kaki Tiga

  • Kombinasi Warna

Logo Pertamina

Logo Pertamina

  • Angka

Merek Dagang Seven Eleven

Logo Seven Eleven

  • Huruf

Merek Dagang MCDonald's

Logo McDonald’s

  • Kata

Merek Dagang Panasonic

Logo Panasonic

  • Nama

Merek Dagang calvin klein

Logo Calvin Klein

  • Kombinasi dari minimal dua sampai seluruh unsur di atas

Kapan Suatu Merek Tidak Dapat Didaftarkan?

 

Menurut pasal 20 – 21 dalam UU Merek, ada beberapa kondisi dimana suatu Merek tidak dapat didaftarkan dan mendapatkan perlindungan hukum dari Dirjen KI yaitu:

  • Bertentangan dengan Agama dan Moral

Pada tahun 2009, ada sebuah klub malam bernama Buddha Bar yang akhirnya berganti nama dan kini telah tutup tidak beroperasi.

Kasus Buddha Bar saat itu sempat hangat diberitakan di media nasional seperti Republika, BBC Indonesia, Tempo, dan Detik.

Nama Buddha Bar dianggap oleh pendemonstran dari Umat Buddha sebagai pelecehan dari simbol agama Buddha.

  • Memiliki kesamaan pada seluruh atau pada unsur pokok dari Merek Dagang yang telah terdaftar

Tahukah Anda bahwa pernah terjadi beberapa kasus penyalahgunaan Merek di Indonesia.

Di antaranya kasus Nutri Sari yang menggugat merek Nusa Sari, dan kasus Hugo Boss yang menuntut Zego Boss.

  • Sesuatu yang sudah menjadi simbol Umum

Pengajuan Merek Anda akan ditolak jika menggunakan simbol yang sudah umum baik kata ataupun gambar.

Contoh nya jika Anda mendaftarkan Merek Dagang bernama “Rumah Makan” dengan logo bergambar Sendok dan Garpu.

Dimana Berlaku Perlindungan Hukum atas Suatu Merek Dagang yang Terdaftar?

 

 

Asas Teritorial

Dalam perlindungan Merek Dagang, berlaku asas teritori yaitu perlindungan berlaku di negara tempat didaftarkan yaitu di Indonesia.

Berapa lama berlaku perlindungan Merek Dagang?

 

Waktu Perlindungan Merek Dagang

  • Perlindungan Merek Berlaku 10 Tahun Sejak Tanggal Pengajuan

Misalnya:

Tanggal Pengajuan :
1 November 2018

Masa Perlindungan Sampai:
1 November 2028

  • Dapat Diperpanjang

Jika perlindungan berakhir 1 November 2028,

Maka Waktu Pengurusan Perpanjangan adalah 6 bulan sebelum sampai sesudah berakhir dari tanggalperlindungan:
1 Mei 2028 – 1 Mei 2029

Setelah itu perlindungan berlaku sampai 10 tahun ke depan nya.

Maka dari itu dari berbagai alasan di atas, kami sangat menyarankan Anda untuk mendaftarkan Merek Dagang anda ke Dirjen Kekayaan Intelektual.

Langsung saja, berikut ini:

Panduan Pendaftaran Merek Dagang
Pengecekan Merek Dagang

Sebelum Anda mengajukan permohonan, tentu Anda harus tahu apakah Nama Merek yang Anda ingin ajukan sudah didaftarkan oleh orang lain.

Bagaimana cara melihat merek terdaftar?

Mudah sekali, buka halaman DGIP Cek Merek.

Kemudian ambil contoh, saya mempunyai UMKM berbasis industri rumahan yang memproduksi sabun cuci.

Maka saya ingin mengetahui data merek yang sudah terdaftar dengan mengetik “Sabun Cuci” pada kolom pencarian, pilih kategori merek, lalu klik icon search.

Pencarian Data Merek Terdaftar

Maka selanjutnya saya akan melihat daftar merek baik yang sudah terdaftar, dalam proses, ditolak, maupun berakhir.

Data Merek Terdaftar Kategori Sabun Cuci

Jika nama merek yang ingin Anda daftarkan sudah “didaftar” atau “dalam proses” maka sebaiknya Anda menggunakan nama Merek lain.

Hal tersebut dikarenakan pendaftaran merek menggunakan sistem First to File.

Maksudnya adalah siapa yang lebih dahulu mendaftarkan maka dia yang akan mendapat perlindungan merek apabila memenuhi semua persyaratan.

Penentuan Kelas Barang & Jasa

Dirjen KI mempunyai klasifikasi barang dan jasa berdasarkan jenisnya.

Bagaimana cara mencari kelas barang / jasa sesuai dengan merek yang ingin Anda daftarkan?

Pertama, Buka website Dirjen KI Sistem Klasifikasi Merek.

Kembali ke contoh UMKM saya, maka saya ketik “sabun” pada kolom pencarian dan klik “go”.

Cek Kelas Sabun

 

Saran pencarian:

Pada pencarian kelas ini, jangan mencari dengan kata terlalu detail seperti “sabun cuci”.

Maka dari itu saya gunakan kata yang lebih umum “sabun” untuk mengetahui kemungkinan kelas mana saja yang sesuai dengan merek yang ingin saya daftarkan.

 

Setelah klik “go” akan muncul daftar seluruh kelas yang memuat kata sabun, maka saya dapat memilih mana yang paling sesuai dengan produk saya.

Hasil Pencarian Sabun

Begitu pula dengan Anda, setelah Anda menemukan kelas yang sesuai dengan produk / jasa yang ingin didaftar, catat kelas tersebut karena akan diisi pada formulir pendaftaran merek.

 

Bonus:
Cara paling mudah adalah dengan mengikuti kelas dari merek dari produk / jasa sejenis yang sudah terdaftar.

 

Cara melihatnya:

Kembali pada langkah pertama yaitu pengecekan merek dagang di halaman DGIP Cek Merek.

Pada hasil pencarian merek “sabun cuci”, saya klik nama merek dari merek yang sudah “didaftar”.

Data Merek Terdaftar Kategori Sabun

Selanjutnya akan muncul detail dari merek dagang tersebut termasuk kelas pendaftarannya.

Kelas dari Sabun

 

Lengkapi Dokumen Persyaratan Pendaftaran Merek

Apa saja persyaratan pendaftaran Merek Dagang?

  • Persyaratan Pendaftaran Merek Dagang apabila didaftarkan oleh perseorangan:

    • KTP/Paspor Pemohon
    • Etiket Merek
    • Berupa print out Logo + Nama Brand/Merek yang ingin didaftarkan.
    • Surat Pernyataan Kepemilikan Merek
    • Surat ini berisi pernyataan bahwa pemohon adalah orang yang memiliki merek yang akan diajukan.
    • Surat Kuasa (Apabila pendaftaran diwakili Konsultan Merek/ Konsultan HKI)
  • Persyaratan Pendaftaran Merek Dagang  atas nama badan hukum (Perusahaan/Yayasan dan Koperasi) / Badan Usaha (CV dan Firma):

    • Akta Notaris pendirian badan hukum atau badan usaha
    • Surat Keterangan Domisili Perusahaan
    • NPWP Perusahaan
    • KTP/Paspor Direktur atau pengurus
    • Etiket Merek
      Berupa print out Logo + Nama Brand/Merek yang ingin didaftarkan.
    • Surat Pernyataan Kepemilikan Merek
      Surat ini berisi pernyataan bahwa pemohon adalah orang yang memiliki merek yang akan diajukan.
    • Surat Kuasa (Apabila pendaftaran diwakili Konsultan Merek/ Konsultan HKI)

Setelah semua persyaratan lengkap, Anda dapat mengisi Formulir Pendaftaran Merek Dagang.

Download formulir, petunjuk pengisian, dan contoh pengisian nya di bawah ini:

– Formulir Pendaftaran
Merek Dagang

Preview:

Cari kelas untuk sabun

– Petunjuk Pengisian Formulir Pendaftaran Merek Dagang

Preview:

Petunjuk Pengisian Formulir Merek Dagang

– Contoh Formulir Pendaftaran Merek Dagang yang Sudah Diisi

Preview:

Contoh Pengisian Formulir Pendaftaran Merek

Pembayaran Biaya Administrasi

Berapa Biaya Pendaftaran Merek?

Setelah seluruh dokumen lengkap, Anda dapat langsung datang ke kantor Dirjen Kekayaan Intelektual untuk menyerahkan kelengkapan dokumen dan membayar biaya administrasi.

Sebagaimana terlansir dari website resmi Dirjen KI, biaya Permohonan Pendaftaran Merek Dagang adalah sebagai berikut:

  • Untuk UMKM : Rp 600.000,00
  • Untuk Non UMKM : Rp 2.000.000,00

Keterangan:
Untuk mendapatkan tarif UMKM, Anda harus memiliki Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)

Baca juga:

Ternyata Mudah, Begini Cara Urus Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)

Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan bukti pembayaran yang selanjutnya diserahkan ke loket untuk menyelesaikan proses Permohonan Pendaftaran Merek.

Dari loket tersebut Anda akan mendapatkan bukti permohonan pendaftaran Merek Dagang.

Selanjutnya Anda perlu untuk terus memantau pendaftaran yang sudah Anda lakukan melalui Halaman Pengecekan Status Merek Dirjen KI karena terdapat kemungkinan pengajuan merek Anda ditolak disebabkan:

  • Kelas barang atau jasa yang didaftarkan tidak sesuai dengan yang seharusnya.
  • Permohonan merek yang Anda daftarkan memiliki kesamaan / kemiripan dengan Merek Dagang lain.
Pematauan Pasca Pengajuan Pendaftaran Merek

Terdapat beberapa tahap pemeriksaan yang dilakukan Dirjen KI terhadap merek yang Anda ajukan.

Berikut tahapannya beserta estimasi waktu yang dibutuhkan:

Pertama:
Pemeriksaan Formalitas
(2 Minggu)

Pemeriksaan kelengkapan dokumen dari Merek yang Anda ajukan.

Kedua:
Pengumuman + Pengajuan Keberatan
(2 Bulan)

Dirjen KI mengumumkan daftar merek yang lolos pemeriksaan formalitas  dalam Berita Resmi Merek beserta detail kelasnya. Jangka waktu pengumuman adalah 2 bulan.

Pada waktu tersebut seseorang dapat mengajukan keberatan apabila ada pendaftar lain yang mengajukan merek yang sama secara keseluruhan atau pada unsur pokoknya dengan merek yang telah terlebih dahulu Ia daftarkan.

Contoh: Berita Resmi Merek 2018

Ketiga:
Pemeriksaan dari Keberatan yang Diajukan (2 Bulan)

Dirjen KI kemudian memeriksa berbagai keberatan yang diajukan oleh masyarakat selama kurang lebih 2 bulan.

Keempat:
Pemeriksaan Substantif (5 Bulan)

Pemeriksaan untuk mengetahui apakah merek yang Anda daftarkan telah sesuai dengan kelas yang seharusnya dan tidak memiliki kesamaan dengan merek yang telah terdaftar.

Kelima:
Pra Sertifikat
(2 Bulan)

Pengajuan Anda telah disetujui dan sedang dipersiapkan untuk diterbitkan sertifikat merek.

Keenam:
Sertifikat Terbit

Keluarnya sertifikat dan Merek Dagang Anda telah resmi terdaftar dan mendapat perlindungan hukum.

Total waktu yang dibutuhkan dari pengajuan sampai terdaftar:

+/- 1 Tahun

 

Alternatif: Menggunakan Jasa Pendaftaran Merek

Dengan menggunakan Jasa Pendaftaran Merek anda akan mendapatkan keuntungan:

  • Pendaftaran Merek Online via website atau via Whatsapp
    Anda tidak perlu datang ke Kantor Dirjen HKI dimana hal tersebut tentu lebih menghemat biaya, waktu, dan tenaga Anda.
  • Biaya Jasa Pendaftaran Merek relatif murah
    Relatif murah jika kita bandingkan dengan harus datang dan karena kemungkinan pengajuan merek lebih besar diterima.
Baca Juga: Daftar Harga Jasa Pendaftaran Merek, Paten, Hak Cipta, Desain Industri Murah 2019
  • Ditangani dari awal sampai akhir oleh Konsultan HKI Terdaftar
    Proses pendaftaran merek ditangani langsung oleh Konsultan HKI Terdaftar yang telah berpengalaman mengikuti prosedur pendaftaran merek sehingga kemungkinan terdaftar lebih besar.

    Hal tersebut sangat penting dikarenakan perlindungan merek berlaku apabila merek sudah resmi terdaftar, bukan apabila sudah melakukan pengajuan merek.
    Peran konsultan selama proses pendaftaran:

    • Konsultan HKI melakukan pengecekan merek
    • Konsultan HKI memberi info kelas yang sesuai
      Tidak jarang pendaftaran merek ditolak karena kelas yang diajukan tidak sesuai dengan yang seharusnya. Di sini lah peran Konsultan HKI sangat penting karena telah berpengalaman dan mengetahui sekian banyak klasifikasi yang ada.
    • Konsultan HKI mengurus dokumen Anda ke Dirjen KI
    • Konsultan HKI memantau secara intensif pada setiap tahapan pasca pengajuan hingga terbitnya sertifikat merek.
      Tahapan monitoring ini sangat penting untuk dilakukan karena bisa saja terjadi kendala yang harus ditangani selama masa pemeriksaan.
      Apalagi sebelum UU Merek yang baru, proses terbitnya sangat lama sampai ada yang lebih dari 3 tahun namun belum ada kabar kejelasan sebagaimana yang dilansir oleh artikel tribunnews.

Pilihan Ada di Tangan Anda

Pilihan Jasa Pendaftaran Merek

Apabila Anda siap untuk mengorbankan waktu dan tenaga untuk melakukan seluruh proses dan siap untuk menghadapi berbagai resiko yang muncul seperti penolakan pengajuan akibat ketidaksesuaian kelas atau kesamaan dengan merek lain yang telah terdaftar maka Anda dapat mengajukan pendaftaran merek sendiri.

Atau, Anda dapat menghemat waktu, tenaga, dan fikiran dengan menggunakan Jasa Pendaftaran Merek Dagang yang akan menangani seluruh proses pendaftaran mulai dari persiapan, pendaftaran, hingga monitoring pasca pendaftaran sampai terbitnya sertifikat merek hanya dengan melakukan pendaftaran merek secara online.

Baca juga: Profil Konsultan HKI Terdaftar – Adnan Hardie

Sekian artikel mengenai Panduan Pendaftaran Merek Dagang, apabila Anda mempunyai pertanyaan Anda dapat mengajukan nya pada kolom komentar di bawah ini yang akan dijawab oleh konsultan HKI terdaftar.

Apabila Anda merasa artikel ini bermanfaat, silakan klik tombol share di bawah ini.

Terimakasih.

Staf Rumah Paten, Hapsa merupakan mahasiswa S1 tingkat akhir jurusan Entrepreneurship, senang mempelajari Kekayaan Intelektual di bawah bimbingan Konsultan HKI Terdaftar di Rumah Paten.

Related Posts

Jasa Daftar Merek Murah

BUAT APA YA MENDAFTARKAN MEREK?

BUAT APA YA MENDAFTARKAN MEREK? (R. Muhammad Firdaus SH. MH. CIP – Konsultan KI dan Pengajar Intellectual Property Policy di London School Public R...