Table of Contents
Pentingnya Memahami Cara Daftar Merek Dagang |
Merek Dagang merupakan salah satu dari Hak Kekayaan Intelektual selain dari Hak Cipta, Hak Paten, dan Hak Desain Industri.
Mengetahui cara pendaftaran merek dagang merupakan hal yang penting apabila Anda termasuk:
- Orang yang sudah lama berbisnis dengan usaha yang sudah mapan
- Orang yang sedang mengembangkan usaha berbasis UMKM
- Pegawai PNS/BUMN/Swasta
- Atau apapun pekerjaan Anda
Mengapa penting untuk semua orang?
Baca Juga : Tips Fotografi Produk Makanan Untuk Bisnis Kuliner
Bisa jadi memang belum bermanfaat bagi Anda sekarang, namun bermanfaat bagi orang-orang terdekat Anda khususnya yang sedang mengembangkan bisnis seperti bisnis berbasis UMKM.
Baca Juga: Bingung Memulai Bisnis Online? Lihat Tutorial Lengkapnya Di Sini |
Apa yang Bisa Didaftarkan Sebagai Merek Dagang? |
Berdasarkan UU Merek, terdapat beberapa unsur yang dapat didaftarkan sebagai merek dagang yaitu:
- Gambar
Merek Dagang Cap Kaki Tiga
- Kombinasi Warna
Logo Pertamina
- Angka
Logo Seven Eleven
- Huruf
Logo McDonald’s
- Kata
Logo Panasonic
- Nama
Logo Calvin Klein
- Kombinasi dari minimal dua sampai seluruh unsur di atas
Kapan Suatu Merek Tidak Dapat Didaftarkan? |
Menurut pasal 20 – 21 dalam UU Merek, ada beberapa kondisi dimana suatu Merek tidak dapat didaftarkan dan mendapatkan perlindungan hukum dari Dirjen KI yaitu:
- Bertentangan dengan Agama dan Moral
Pada tahun 2009, ada sebuah klub malam bernama Buddha Bar yang akhirnya berganti nama dan kini telah tutup tidak beroperasi.
Kasus Buddha Bar saat itu sempat hangat diberitakan di media nasional seperti Republika, BBC Indonesia, Tempo, dan Detik.
Nama Buddha Bar dianggap oleh pendemonstran dari Umat Buddha sebagai pelecehan dari simbol agama Buddha.
- Memiliki kesamaan pada seluruh atau pada unsur pokok dari Merek Dagang yang telah terdaftar
Tahukah Anda bahwa pernah terjadi beberapa kasus penyalahgunaan Merek di Indonesia.
Di antaranya kasus Nutri Sari yang menggugat merek Nusa Sari, dan kasus Hugo Boss yang menuntut Zego Boss.
- Sesuatu yang sudah menjadi simbol Umum
Pengajuan Merek Anda akan ditolak jika menggunakan simbol yang sudah umum baik kata ataupun gambar.
Contoh nya jika Anda mendaftarkan Merek Dagang bernama “Rumah Makan” dengan logo bergambar Sendok dan Garpu.
Dimana Berlaku Perlindungan Hukum atas Suatu Merek Dagang yang Terdaftar? |
Dalam perlindungan Merek Dagang, berlaku asas teritori yaitu perlindungan berlaku di negara tempat didaftarkan yaitu di Indonesia.
Berapa lama berlaku perlindungan Merek Dagang? |
- Perlindungan Merek Berlaku 10 Tahun Sejak Tanggal Pengajuan
Misalnya:
Tanggal Pengajuan :
1 November 2018
Masa Perlindungan Sampai:
1 November 2028
- Dapat Diperpanjang
Jika perlindungan berakhir 1 November 2028,
Maka Waktu Pengurusan Perpanjangan adalah 6 bulan sebelum sampai sesudah berakhir dari tanggalperlindungan:
1 Mei 2028 – 1 Mei 2029
Setelah itu perlindungan berlaku sampai 10 tahun ke depan nya.
Maka dari itu dari berbagai alasan di atas, kami sangat menyarankan Anda untuk mendaftarkan Merek Dagang anda ke Dirjen Kekayaan Intelektual.
Langsung saja, berikut ini:
Cara Daftar Merek Dagang Online
|
Tutorial cara daftar merek dagang bisa dilihat di atas. Penjelasan daftar merek dagang selengkapnya secara tertulis baca terus artikel ini ya!
Secara garis besar cara daftar merek dagang adalah sebagai berikut:
-
Cek daftar merek dagang yang sudah terdaftar di HAKI
-
Menentukan kelas barang dan jasa yang ingin didaftarkan
-
Membuat akun di portal pendaftaran merek online merek.dgip.go.id
-
Klik tambah untuk membuat permohonan baru
-
Pesan kode billing dengan mengisi tipe, jenis, dan pilihan kelas
-
Melakukan pembayaran sesuai tagihan pada aplikasi SIMPAKI
-
Mengisi seluruh formulir yang tersedia
-
Mengunggah data yang dibutuhkan seperti logo merek, tanda tangan pemohon, dan surat UMK (jika pemohon merupkan usaha mikro dan kecil)
-
Apabila data yang diisi telah sesuai, kemudian klik selesai Permohonan sudah diterima
-
Kemudian Dirjen Kekayaan Intelektual (KI) akan melakukan pemeriksaan formalitas pada permohonan merek yang diajukan dalam 15 hari. Apabila syaratnya lengkap maka hasilnya akan diumumkan dalam waktu 2 bulan
-
Selanjutnya Dirjen KI akan melakukan pemeriksaan substantif dalam 150 hari kerja, jika disetujui maka merek tersebut akan mendapatkan sertifikat
Sebelum Anda mengajukan permohonan, tentu Anda harus tahu daftar merek yang sudah terdaftar di HAKI.
Tips Jitu Pendaftaran Merek
|
Mudah sekali caranya, buka halaman DGIP Cek Merek Dagang.
Kemudian ambil contoh, saya mempunyai UMKM berbasis industri rumahan yang memproduksi sabun cuci.
Maka cara saya mengecek nama merek dagang yang saya inginkan sudah terdaftar atau belum adalah dengan mengetik “Sabun Cuci” pada kolom pencarian, pilih kategori merek, lalu klik icon search.
Maka selanjutnya saya akan melihat daftar merek baik yang sudah terdaftar, dalam proses, ditolak, maupun berakhir.
Kemudian akan muncul daftar merek dagang atas suatu produk yang sudah terdaftar di HAKI. Jika nama merek yang ingin Anda daftarkan sudah “didaftar” atau “dalam proses” maka sebaiknya Anda menggunakan nama Merek lain.
Hal tersebut dikarenakan pendaftaran merek menggunakan sistem First to File.
Maksudnya adalah siapa yang lebih dahulu mendaftarkan maka dia yang akan mendapat perlindungan merek apabila memenuhi semua persyaratan.
Nah itu dia cara melihat merek atau produk yang sudah terdaftar di HAKI. Mudah kan ternyata melihat produk yang sudah terdaftar di HAKI?
Yuk kalau gitu kita lanjut ke langkah kedua yaitu penentuan kelas barang dan jasa.
Tips Jitu Pendaftaran Merek
|
Dirjen KI mempunyai klasifikasi barang dan jasa berdasarkan jenisnya.
Pertama, Buka website Dirjen KI Sistem Klasifikasi Merek.
Bagaimana cara mencari kelas barang / jasa sesuai dengan merek yang ingin Anda daftarkan?
Kembali ke contoh UMKM saya yang ingin didaftarkan merek dagang yaitu usaha sabun, maka saya ketik “sabun” pada kolom pencarian dan klik “go”.
Saran pencarian: Pada pencarian kelas ini, jangan mencari dengan kata terlalu detail seperti “sabun cuci”. Maka dari itu saya gunakan kata yang lebih umum “sabun” untuk mengetahui kemungkinan kelas mana saja yang sesuai dengan merek yang ingin saya daftarkan. |
Setelah klik “go” akan muncul daftar seluruh kelas yang memuat kata sabun, maka saya dapat memilih mana yang paling sesuai dengan produk saya.
Begitu pula dengan Anda, setelah Anda menemukan kelas yang sesuai dengan produk / jasa yang ingin didaftar, catat kelas tersebut karena akan diisi pada formulir pendaftaran merek.
Bonus: Cara paling mudah adalah dengan mengikuti kelas dari merek dari produk / jasa sejenis yang sudah terdaftar. |
Cara melihatnya:
Kembali pada langkah pertama yaitu pengecekan merek dagang di halaman DGIP Cek Merek Dagang.
Pada hasil pencarian merek “sabun cuci”, saya klik nama merek dari merek yang sudah “didaftar”.
Selanjutnya akan contoh merek dagang yang sudah terdaftar dan kelas pendaftarannya.
Biaya Pendaftaran Merek Update Desember 2020 |
Berikut tarif pendaftaran merek dagang untuk usaha umum, mikro dan usaha kecil yang diambil dari website resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual https://www.dgip.go.id/tarif-merek:
Permohonan pendaftaran merek usaha mikro dan usaha kecil:
- Pendaftaran secara elektronik (online): Rp 500.000 per kelas
- Pendaftaran non elektronik (manual): Rp 600.000 per kelas
Usaha umum:
- Pendaftaran secara elektronik (online): Rp 1.800.000 per kelas
- Pendaftaran non elektronik (manual): Rp 2.000.000 per kelas
Perpanjangan jangka waktu perlindungan merek
(Dalam jangka waktu 6 bulan sebelum atau sampai berakhirnya perlindungan merek)
Usaha mikro dan usaha kecil:
- Pendaftaran secara elektronik (online): Rp 1.000.000 per kelas
- Pendaftaran non elektronik (manual): Rp 1.200.000 per kelas
Usaha umum:
- Pendaftaran secara elektronik (online): Rp 2.500.000 per kelas
- Pendaftaran non elektronik (manual): Rp 2.500.000 per kelas
Perpanjangan jangka waktu perlindungan merek
(Dalam Jangka Waktu Paling Lama 6 Bulan Setelah Berakhirnya Perlindungan Merek)
Usaha mikro dan usaha kecil:
- Pendaftaran secara elektronik (online): Rp 2.000.000 per kelas
- Pendaftaran non elektronik (manual): Rp 2.400.000 per kelas
Usaha umum:
- Pendaftaran secara elektronik (online): Rp 4.500.000 per kelas
- Pendaftaran non elektronik (manual): Rp 5.000.000 per kelas
Pendaftaran lainnya:
- Transformasi merek internasional menjadi merek nasional: Rp 2.000.000 per kelas
- Penggantian (replacement) merek nasional menjadi merek internasional: Rp 1.000.000 per kelas
- Biaya administrasi permohonan pendaftaran merek internasional yang berasal dari Indonesia: Rp 500.000 per permohonan
- Pengajuan keberatan atas permohonan merek: Rp 1.000.000 per permohonan
- Permohonan banding merek: Rp 3.000.000 per permohonan
Apa yang membedakan status UMKM dan Non UMKM dalam pendaftaran Merek?
Untuk UMKM Pemohon baik perorangan atau perusahaan harus memiliki rekomendasi dan merupakan binaan dari Kementrian Koperasi dan UMKM atau Kementerian Perdagangan atau Kementerian Perindustrian, termasuk Dinas di setiap provinsi.
Atas kesediaan Anda menjadi binaan, maka berbagai instansi tersebut akan menerbitkan Surat Keterangan Usaha untuk Anda mengurus Hak Kekayaan Intelektual dengan harga khusus.
Berikut surat edaran resmi terkait persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapat harga khusus:
Dan berikut ini contoh Surat Keterangan UMKM:
Baca juga: Ternyata Mudah, Begini Cara Urus Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) |
Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan bukti pembayaran yang selanjutnya diserahkan ke loket untuk menyelesaikan proses Permohonan Pendaftaran Merek.
Dari loket tersebut Anda akan mendapatkan bukti permohonan pendaftaran Merek Dagang.
Ada juga pendaftaran merek gratis loh. Contohnya pendaftaran merek gratis yang merupakan program Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta sebagaimana yang diberitakan Berita Jakarta dan kami pribadi penulis juga mengetahuinya karena pernah ditawarkan untuk mengikuti program tersebut.
Selanjutnya Anda perlu untuk terus memantau pendaftaran yang sudah Anda lakukan melalui Halaman Pengecekan Status Merek Dirjen KI karena terdapat kemungkinan pengajuan merek Anda ditolak disebabkan:
- Kelas barang atau jasa yang didaftarkan tidak sesuai dengan yang seharusnya.
- Permohonan merek yang Anda daftarkan memiliki kesamaan / kemiripan dengan Merek Dagang lain.
Tips Jitu Pendaftaran Merek
|
Terdapat beberapa tahap pemeriksaan yang dilakukan Dirjen KI terhadap merek yang Anda ajukan.
Berikut tahapannya beserta estimasi waktu yang dibutuhkan:
Pertama: |
Pemeriksaan kelengkapan dokumen dari Merek yang Anda ajukan.
Kedua: |
Dirjen KI mengumumkan daftar merek yang lolos pemeriksaan formalitas dalam Berita Resmi Merek beserta detail kelasnya. Jangka waktu pengumuman adalah 2 bulan.
Pada waktu tersebut seseorang dapat mengajukan keberatan apabila ada pendaftar lain yang mengajukan merek yang sama secara keseluruhan atau pada unsur pokoknya dengan merek yang telah terlebih dahulu Ia daftarkan.
Ketiga: |
Dirjen KI kemudian memeriksa berbagai keberatan yang diajukan oleh masyarakat selama kurang lebih 2 bulan.
Keempat: |
Pemeriksaan untuk mengetahui apakah merek yang Anda daftarkan telah sesuai dengan kelas yang seharusnya dan tidak memiliki kesamaan dengan merek yang telah terdaftar.
Kelima: |
Pengajuan Anda telah disetujui dan sedang dipersiapkan untuk diterbitkan sertifikat merek.
Keenam: |
Keluarnya sertifikat dan Merek Dagang Anda telah resmi terdaftar dan mendapat perlindungan hukum.
Total waktu yang dibutuhkan dari pengajuan sampai terdaftar: +/- 1 Tahun |
Alternatif: Menggunakan Jasa Pendaftaran Merek |
Dengan menggunakan Jasa Pendaftaran Merek anda akan mendapatkan keuntungan:
- Pendaftaran Merek Online via website atau via Whatsapp
Mudah dan praktis - Biaya Jasa Pendaftaran Merek relatif murah
Relatif murah karena kemungkinan pengajuan merek lebih besar diterima berdasarkan pengalaman konsultan selama puluhan tahun mendaftarkan merek
Baca Juga: Daftar Harga Jasa Pendaftaran Merek, Paten, Hak Cipta, Desain Industri Murah Desember 2020 |
- Ditangani dari awal sampai akhir oleh Konsultan HKI Terdaftar
Proses pendaftaran merek ditangani langsung oleh Konsultan HKI Terdaftar yang telah berpengalaman mengikuti prosedur pendaftaran merek sehingga kemungkinan terdaftar lebih besar.
Hal tersebut sangat penting dikarenakan perlindungan merek berlaku apabila merek sudah resmi terdaftar, bukan apabila sudah melakukan pengajuan merek.
Peran konsultan selama proses pendaftaran:
- Konsultan HKI melakukan pengecekan merek
- Konsultan HKI memberi info kelas yang sesuai
Tidak jarang pendaftaran merek ditolak karena kelas yang diajukan tidak sesuai dengan yang seharusnya. Di sini lah peran Konsultan HKI sangat penting karena telah berpengalaman dan mengetahui sekian banyak klasifikasi yang ada. - Konsultan HKI mengurus dokumen Anda ke Dirjen KI
- Konsultan HKI memantau secara intensif pada setiap tahapan pasca pengajuan hingga terbitnya sertifikat merek.
Tahapan monitoring ini sangat penting untuk dilakukan karena bisa saja terjadi kendala yang harus ditangani selama masa pemeriksaan.
Apalagi sebelum UU Merek yang baru, proses terbitnya sangat lama sampai ada yang lebih dari 3 tahun namun belum ada kabar kejelasan sebagaimana yang dilansir oleh artikel tribunnews.
Pilihan Ada di Tangan Anda |
Apabila Anda siap untuk mengorbankan waktu dan tenaga untuk melakukan seluruh proses dan siap untuk menghadapi berbagai resiko yang muncul seperti penolakan pengajuan akibat ketidaksesuaian kelas atau kesamaan dengan merek lain yang telah terdaftar maka Anda dapat mengajukan pendaftaran merek sendiri.
Atau, Anda dapat menghemat waktu, tenaga, dan fikiran dengan menggunakan Jasa Pendaftaran Merek Dagang yang akan menangani seluruh proses pendaftaran mulai dari persiapan, pendaftaran, hingga monitoring pasca pendaftaran sampai terbitnya sertifikat merek hanya dengan melakukan pendaftaran merek secara online.
Sekian artikel mengenai Panduan Pendaftaran Merek Dagang, apabila Anda mempunyai pertanyaan Anda dapat mengajukan nya pada kolom komentar di bawah ini yang akan dijawab oleh konsultan HKI terdaftar.
Apabila Anda merasa artikel ini bermanfaat, silakan klik tombol share di bawah ini.
Terimakasih.
2 Comments
Sy mempunyai rencana buat pruduk makanan (sambal) dengan cap tertentu
Apa yang harus saya lakukan…
Biar rencana saya mulus tanpa kendala…perlu di ketahui bahwa usaha saya ini industri rumahan..sekala kecil…
Halo Pak Sugeng,
Kita punya artikel yang lengkap buat menjawab pertanyaan bapak.. silakan dicek ya pak
https://rumahpaten.id/memulai-bisnis-online/
Sukses selalu untuk Pak Sugeng!