Blog
Edukatif

✔ Daftar Merek Dagang UMKM Gini Caranya [Dijamin Terupdate]

Daftar Merek Dagang, Emangnya Penting?

Merek Dagang merupakan salah satu dari Hak Kekayaan Intelektual selain dari Hak Cipta, Hak Paten, dan Hak Desain Industri.

Pendaftaran merek dagang merupakan hal yang penting karena:

1. Merek dagang melipatgandakan keuntungan

2. Mencegah kerugian akibat penyalahgunaan merek

 

Kenapa Harus Mendaftarkan Merek Dagang

Baca Juga: Bingung Memulai Bisnis Online? Lihat Tutorial Lengkapnya Di Sini

Apa yang Bisa Didaftarkan Sebagai Merek Dagang?

Berdasarkan UU Merek, terdapat beberapa unsur yang dapat didaftarkan sebagai merek dagang yaitu:

  • Gambar

Unsur Merek Dagang - Gambar

Merek Dagang Cap Kaki Tiga

  • Kombinasi Warna

Unsur Merek Dagang - Kombinasi Warna - Logo Pertamina

Logo Pertamina

  • Angka

Merek Dagang Seven Eleven - Unsur Merek Dagang Angka

Logo Seven Eleven

  • Huruf

Merek Dagang MCDonald's - Unsur Merek Dagang Huruf

Logo McDonald’s

  • Kata

Merek Dagang Panasonic - Unsur Merek Dagang Kata

Logo Panasonic

  • Nama

Merek Dagang Calvin Klein - Unsur Merek Dagang Nama

Logo Calvin Klein

Baca Juga: CARA PASANG IKLAN DI GOOGLE SENDIRI

  • Kombinasi dari minimal dua sampai seluruh unsur di atas

Kapan Suatu Merek Tidak Dapat Didaftarkan?

Menurut pasal 20 – 21 dalam UU Merek, ada beberapa kondisi dimana suatu Merek tidak dapat didaftarkan dan mendapatkan perlindungan hukum dari Dirjen KI yaitu:

  • Bertentangan dengan Agama dan Moral

Pada tahun 2009, ada sebuah klub malam bernama Buddha Bar yang akhirnya berganti nama dan kini telah tutup tidak beroperasi.

Kasus Buddha Bar saat itu sempat hangat diberitakan di media nasional seperti Republika, BBC Indonesia, Tempo, dan Detik.

Nama Buddha Bar dianggap oleh pendemonstran dari Umat Buddha sebagai pelecehan dari simbol agama Buddha.

  • Memiliki kesamaan pada seluruh atau pada unsur pokok dari Merek Dagang yang telah terdaftar

Tahukah Anda bahwa pernah terjadi beberapa kasus penyalahgunaan Merek di Indonesia.

Di antaranya kasus Nutri Sari yang menggugat merek Nusa Sari, dan kasus Hugo Boss yang menuntut Zego Boss.

  • Sesuatu yang sudah menjadi simbol Umum

Pengajuan Merek Anda akan ditolak jika menggunakan simbol yang sudah umum baik kata ataupun gambar.

Contoh nya jika Anda mendaftarkan Merek Dagang bernama “Rumah Makan” dengan logo bergambar Sendok dan Garpu.

Baca Juga : Cara Mengecek Merek di HKI Gratis & Mudah | Terbaru 2021

Dimana Berlaku Perlindungan Hukum atas Suatu Merek Dagang yang Terdaftar?

Asas Teritorial

Dalam perlindungan Merek Dagang, berlaku asas teritori yaitu perlindungan berlaku di negara tempat didaftarkan yaitu di Indonesia.

Berapa lama berlaku perlindungan Merek Dagang?

Waktu Perlindungan Merek Dagang

  • Perlindungan Merek Berlaku 10 Tahun Sejak Tanggal Pengajuan

Misalnya:

Tanggal Pengajuan :
1 November 2018

Masa Perlindungan Sampai:
1 November 2028

  • Dapat Diperpanjang

Jika perlindungan berakhir 1 November 2028,

Maka Waktu Pengurusan Perpanjangan adalah 6 bulan sebelum sampai sesudah berakhir dari tanggalperlindungan:
1 Mei 2028 – 1 Mei 2029

Setelah itu perlindungan berlaku sampai 10 tahun ke depan nya.

Maka dari itu dari berbagai alasan di atas, kami sangat menyarankan Anda untuk mendaftarkan Merek Dagang anda ke Dirjen Kekayaan Intelektual.

Baca Juga: CARA PASANG IKLAN DI INSTAGRAM

Langsung saja, berikut ini:

Cara Pendaftaran Merek Dagang UMKM / Non UMKM

Secara garis besar cara pendaftaran merek dagang baik untuk UMKM maupun non UMKM adalah sebagai berikut:

  1. Cek daftar merek dagang yang sudah terdaftar di HAKI
  2. Menentukan kelas barang dan jasa yang ingin didaftarkan
  3. Membuat akun di portal pendaftaran merek online merek.dgip.go.id
  4. Klik tambah untuk membuat permohonan baru
  5. Pesan kode billing dengan mengisi tipe, jenis, dan pilihan kelas
  6. Melakukan pembayaran sesuai tagihan pada aplikasi SIMPAKI
  7. Mengisi seluruh formulir yang tersedia
  8. Mengunggah data yang dibutuhkan seperti logo merek, tanda tangan pemohon, dan surat UMK (jika pemohon merupkan usaha mikro dan kecil)
  9. Apabila data yang diisi telah sesuai, kemudian klik selesai Permohonan sudah diterima
  10. Kemudian Dirjen Kekayaan Intelektual (KI) akan melakukan pemeriksaan formalitas pada permohonan merek yang diajukan dalam 15 hari. Apabila syaratnya lengkap maka hasilnya akan diumumkan dalam waktu 2 bulan
  11. Selanjutnya Dirjen KI akan melakukan pemeriksaan substantif dalam 150 hari kerja, jika disetujui maka merek tersebut akan mendapatkan sertifikat

Berikut ini video dari DJKI tentang alur pendaftaran merek yang bisa teman-teman saksikan:

Tonton juga:

 

Tips Jitu Pendaftaran Merek
– Cek Daftar Merek yang Sudah Terdaftar di HAKI

Untuk mengetahui daftar merek yang sudah terdaftar di HAKI mudah sekali caranya, buka halaman DGIP Cek Merek Dagang.

Kemudian ambil contoh, saya mempunyai UMKM berbasis industri rumahan yang memproduksi sabun cuci.

Maka cara saya mengecek nama merek dagang yang saya inginkan sudah terdaftar atau belum adalah dengan mengetik “Sabun Cuci” pada kolom pencarian, pilih kategori merek, lalu klik icon search.

Pencarian Data Merek Terdaftar

Maka selanjutnya saya akan melihat daftar merek baik yang sudah terdaftar, dalam proses, ditolak, maupun berakhir.

Data Merek Terdaftar Kategori Sabun Cuci

Kemudian akan muncul daftar merek dagang atas suatu produk yang sudah terdaftar di HAKI. Jika nama merek yang ingin Anda daftarkan sudah “didaftar” atau “dalam proses” maka sebaiknya Anda menggunakan nama Merek lain.

Hal tersebut dikarenakan pendaftaran merek menggunakan sistem First to File.

Maksudnya adalah siapa yang lebih dahulu mendaftarkan maka dia yang akan mendapat perlindungan merek apabila memenuhi semua persyaratan.

Nah itu dia cara melihat merek atau produk yang sudah terdaftar di HAKI. Mudah kan ternyata melihat produk yang sudah terdaftar di HAKI?

Yuk kalau gitu kita lanjut ke langkah kedua yaitu penentuan kelas barang dan jasa.

Tips Jitu Pendaftaran Merek
– Cara Menentukan Kelas Barang dan Jasa Pengajuan Merek yang Didaftarkan

Dirjen KI mempunyai klasifikasi barang dan jasa berdasarkan jenisnya.

Pertama, Buka website Dirjen KI Sistem Klasifikasi Merek.
Bagaimana cara mencari kelas barang / jasa sesuai dengan merek yang ingin Anda daftarkan?

Kembali ke contoh UMKM saya yang ingin didaftarkan merek dagang yaitu usaha sabun, maka saya ketik “sabun” pada kolom pencarian dan klik “go”.

Cek Kelas Sabun

Saran pencarian:

Pada pencarian kelas ini, jangan mencari dengan kata terlalu detail seperti “sabun cuci”.

Maka dari itu saya gunakan kata yang lebih umum “sabun” untuk mengetahui kemungkinan kelas mana saja yang sesuai dengan merek yang ingin saya daftarkan.

Setelah klik “go” akan muncul daftar seluruh kelas yang memuat kata sabun, maka saya dapat memilih mana yang paling sesuai dengan produk saya.

Hasil Pencarian Sabun

Begitu pula dengan Anda, setelah Anda menemukan kelas yang sesuai dengan produk / jasa yang ingin didaftar, catat kelas tersebut karena akan diisi pada formulir pendaftaran merek.

Bonus:
Cara paling mudah adalah dengan mengikuti kelas dari merek dari produk / jasa sejenis yang sudah terdaftar.

Cara melihatnya:

Kembali pada langkah pertama yaitu pengecekan merek dagang di halaman DGIP Cek Merek Dagang.

Pada hasil pencarian merek “sabun cuci”, saya klik nama merek dari merek yang sudah “didaftar”.

Data Merek Terdaftar Kategori Sabun

Selanjutnya akan contoh merek dagang yang sudah terdaftar dan kelas pendaftarannya.

Kelas dari Sabun

Contoh Pengisian Formulir Pendaftaran Merek

Biaya Pendaftaran Merek Update Desember 2021

Berikut tarif pendaftaran merek dagang untuk usaha umum, mikro dan usaha kecil yang diambil dari website resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual https://www.dgip.go.id/tarif-merek:

Biaya Pendaftaran Hak Paten

Apa yang membedakan status UMKM dan Non UMKM dalam pendaftaran Merek?

Untuk UMKM Pemohon baik perorangan atau perusahaan harus memiliki rekomendasi dan merupakan binaan dari Kementrian Koperasi dan UMKM atau Kementerian Perdagangan atau Kementerian Perindustrian, termasuk Dinas di setiap provinsi.
Atas kesediaan Anda menjadi binaan, maka berbagai instansi tersebut akan menerbitkan Surat Keterangan Usaha untuk Anda mengurus Hak Kekayaan Intelektual dengan harga khusus.

Berikut surat edaran resmi terkait persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapat harga khusus:
syarat pendaftaran merek UMKM

Dan berikut ini contoh Surat Keterangan UMKM:
contoh surat keterangan umkm

Baca juga:

Cara Mendaftar Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) Online Mudah, Lihat Di Sini Sekarang Juga

Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan bukti pembayaran yang selanjutnya diserahkan ke loket untuk menyelesaikan proses Permohonan Pendaftaran Merek.

Dari loket tersebut Anda akan mendapatkan bukti permohonan pendaftaran Merek Dagang.

info pendaftaran merek gratis

Ada juga pendaftaran merek gratis loh. Contohnya pendaftaran merek gratis yang merupakan program Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta sebagaimana yang diberitakan Berita Jakarta dan kami pribadi penulis juga mengetahuinya karena pernah ditawarkan untuk mengikuti program tersebut.

Selanjutnya Anda perlu untuk terus memantau pendaftaran yang sudah Anda lakukan melalui Halaman Pengecekan Status Merek Dirjen KI karena terdapat kemungkinan pengajuan merek Anda ditolak disebabkan:

  • Kelas barang atau jasa yang didaftarkan tidak sesuai dengan yang seharusnya.
  • Permohonan merek yang Anda daftarkan memiliki kesamaan / kemiripan dengan Merek Dagang lain.

Tips Jitu Pendaftaran Merek
– Lama Pemeriksaan Paska Pendaftaran

Terdapat beberapa tahap pemeriksaan yang dilakukan Dirjen KI terhadap merek yang Anda ajukan.

Berikut tahapannya beserta estimasi waktu yang dibutuhkan:

Pertama:
Pemeriksaan Formalitas
(2 Minggu)

Pemeriksaan kelengkapan dokumen dari Merek yang Anda ajukan.

Kedua:
Pengumuman + Pengajuan Keberatan
(2 Bulan)

Dirjen KI mengumumkan daftar merek yang lolos pemeriksaan formalitas  dalam Berita Resmi Merek beserta detail kelasnya. Jangka waktu pengumuman adalah 2 bulan.

Pada waktu tersebut seseorang dapat mengajukan keberatan apabila ada pendaftar lain yang mengajukan merek yang sama secara keseluruhan atau pada unsur pokoknya dengan merek yang telah terlebih dahulu Ia daftarkan.

Ketiga:
Pemeriksaan dari Keberatan yang Diajukan (2 Bulan)

Dirjen KI kemudian memeriksa berbagai keberatan yang diajukan oleh masyarakat selama kurang lebih 2 bulan.

Keempat:
Pemeriksaan Substantif (5 Bulan)

Pemeriksaan untuk mengetahui apakah merek yang Anda daftarkan telah sesuai dengan kelas yang seharusnya dan tidak memiliki kesamaan dengan merek yang telah terdaftar.

Kelima:
Pra Sertifikat
(2 Bulan)

Pengajuan Anda telah disetujui dan sedang dipersiapkan untuk diterbitkan sertifikat merek.

Keenam:
Sertifikat Terbit

Keluarnya sertifikat dan Merek Dagang Anda telah resmi terdaftar dan mendapat perlindungan hukum.

Total waktu yang dibutuhkan dari pengajuan sampai terdaftar:

+/- 1 Tahun

Alternatif: Menggunakan Jasa Pendaftaran Merek

Jasa Daftar Merek UMKM Murah

 

Dengan menggunakan Jasa Pendaftaran Merek anda akan mendapatkan keuntungan:

  • Pendaftaran Merek Online via website atau via Whatsapp
    Mudah dan praktis
  • Biaya Jasa Pendaftaran Merek relatif murah
    Relatif murah karena kemungkinan pengajuan merek lebih besar diterima berdasarkan pengalaman konsultan selama puluhan tahun mendaftarkan merek
Baca Juga: Daftar Harga Jasa Pendaftaran Merek, Paten, Hak Cipta, Desain Industri Murah Januari 2022
  • Ditangani dari awal sampai akhir oleh Konsultan HKI Terdaftar
    Proses pendaftaran merek ditangani langsung oleh Konsultan HKI Terdaftar yang telah berpengalaman mengikuti prosedur pendaftaran merek sehingga kemungkinan terdaftar lebih besar.

    Hal tersebut sangat penting dikarenakan perlindungan merek berlaku apabila merek sudah resmi terdaftar, bukan apabila sudah melakukan pengajuan merek.
    Peran konsultan selama proses pendaftaran:
  • Konsultan HKI melakukan pengecekan merek
  • Konsultan HKI memberi info kelas yang sesuai
    Tidak jarang pendaftaran merek ditolak karena kelas yang diajukan tidak sesuai dengan yang seharusnya. Di sini lah peran Konsultan HKI sangat penting karena telah berpengalaman dan mengetahui sekian banyak klasifikasi yang ada.
  • Konsultan HKI mengurus dokumen Anda ke Dirjen KI
  • Konsultan HKI memantau secara intensif pada setiap tahapan pasca pengajuan hingga terbitnya sertifikat merek.
    Tahapan monitoring ini sangat penting untuk dilakukan karena bisa saja terjadi kendala yang harus ditangani selama masa pemeriksaan.
    Apalagi sebelum UU Merek yang baru, proses terbitnya sangat lama sampai ada yang lebih dari 3 tahun namun belum ada kabar kejelasan sebagaimana yang dilansir oleh artikel tribunnews.

Kenapa Pendaftaran Merek Lama

Pilihan Ada di Tangan Anda

Pilihan Jasa Pendaftaran Merek

Apabila Anda siap untuk mengorbankan waktu dan tenaga untuk melakukan seluruh proses dan siap untuk menghadapi berbagai resiko yang muncul seperti penolakan pengajuan akibat ketidaksesuaian kelas atau kesamaan dengan merek lain yang telah terdaftar maka Anda dapat mengajukan pendaftaran merek sendiri.

Atau, Anda dapat menghemat waktu, tenaga, dan fikiran dengan menggunakan Jasa Pendaftaran Merek Dagang yang akan menangani seluruh proses pendaftaran mulai dari persiapan, pendaftaran, hingga monitoring pasca pendaftaran sampai terbitnya sertifikat merek hanya dengan melakukan pendaftaran merek secara online.

Baca juga: Profil Konsultan HKI Terdaftar – Adnan Hardie

Sekian artikel mengenai Panduan Pendaftaran Merek Dagang, apabila Anda mempunyai pertanyaan Anda dapat mengajukan nya pada kolom komentar di bawah ini yang akan dijawab oleh konsultan HKI terdaftar.

Apabila Anda merasa artikel ini bermanfaat, silakan klik tombol share di bawah ini.

Terimakasih.

error: Content is protected !!

Revisi Popup Rumah Paten