Gambar Dari Internet Boleh Sembarang Diambil Kah?

Mengambil gambar dari internet

Di era digital ini kita sudah tidak asing dengan foto, gambar dan segala hal yang berkaitan dengannya.

Menggunakan foto atau gambar dari internet untuk keperluan tugas kuliah, kantor, bahkan bisnis merupakan hal yang sudah biasa dilakukan sehari-hari. Bagaimana sebenarnya tinjauan hukum terhadap hal tersebut?

Bolehkah Menggunakan Gambar dari Internet Tanpa Izin?

 

Gambar dari internet

Hasil foto atau gambar termasuk dalam Kekayaan Intelektual yang dilindungi yaitu Hak Cipta sebagaimana diatur dalam UU No. 28 Tahun 2014

Maka dari itu secara umum jika kamu mengambil gambar atau foto dari internet untuk kebutuhan komersil seperti dipasang di website dan yang semisalnya tanpa memperoleh izin dari pemegang Hak Cipta maka perbuatan tersebut termasuk pelanggaran Hak Cipta. Apalagi jika gambar yang kamu ambil tersebut kemudian dimodifikasi. Ancaman secara hukum dapat berupa denda ataupun pidana.

Baca Juga: Begini Cara Daftar Hak Cipta [Step By Step Lengkap]

Untungnya Undang-Undang Hak Cipta mengatur pembatasan hak ekslusif pencipta. Hal tersebut bertujuan untuk menyeimbangkan antara pemberian manfaat kepada masyarakat dengan perlindungan hukum kepada pencipta. UU Hak Cipta mengatur beberapa kondisi dimana boleh mempergunakan gambar atau foto tanpa harus memiliki izin dari pencipta.

Berikut kondisi dimana diperbolehkan menggunakan foto atau gambar orang lain tanpa harus memiliki izin:

  • Kepentingan Pendidikan
  • Penelitian
  • Penulisan Karya Ilmiah
  • Penyusunan Laporan
  • Penulisan Kritik
  • Tinjauan Suatu Masalah

“Berarti selain untuk kepentingan tersebut seperti untuk bisnis, apakah saya harus memiliki izin dari pemilik gambar?”

Tidak juga, yang harus kamu lakukan adalah menggunakan foto atau gambar yang memiliki jenis lisensi creative commons alias dapat digunakan secara gratis.

Syukurnya saat ini banyak situs yang menyediakan foto gratis yang dapat digunakan bahkan untuk kepentingan komersil.

Daftar Situs Penyedia Foto Gratis

Dari daftar tersebut, yang biasa saya gunakan adalah Pexels karena foto-foto nya yang menarik dan kita dapat memilih ukuran foto sesuai kebutuhan. 

Namun apabila tidak masalah bagi kamu terkait ukuran foto yang besar maka sejauh pengamatan saya foto-foto dari Unsplash adalah yang terbaik.

Staf Rumah Paten, Hapsa merupakan mahasiswa S1 tingkat akhir jurusan Entrepreneurship, senang mempelajari Kekayaan Intelektual di bawah bimbingan Konsultan HKI Terdaftar di Rumah Paten.

Related Posts

UU Hak Cipta

UU No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta

Hak cipta merupakan salah satu dari Hak Kekayaan Intelektual selain dari Merek Dagang, Hak Paten, dan Hak Desain Industri. Peraturan negara kita ya...