PATEN VS DESAIN INDUSTRI

desain-industri

PATEN VS DESAIN INDUSTRI

Oleh Ferianto, S.Si., M.H.

 

Seringkali para inovator yang menghasilkan karya inovatif masih dilanda kebingungan kira-kira perlindungan apa yang cocok katas hasil karyanya. Hasil karya yang dimaksud apakah tepat dilindungi dengan paten atau desain industri atau keduanya? Perlindungan yang tepat tentu akan memastikan perlindungan hukumnya sesuai dan tentu saja aspek bisnis yang akan dicapai juga sesuai harapan. Salah memilih jenis perlindungan artinya tidak akan memperoleh manfaat secara tepat juga. Sebagai contoh misalnya hasil karya yang paling tepat dilindungi dengan paten namun dilindungi dengan desain industri, artinya objek karya tersebut artinya belum atau sama sekali terlingkupi perlindungan hukumnya secara tepat. Permohonan yang dimintakan juga pasti akan ditolak karena tidak sesuai peruntukannya. Maka dari itu, penting sekali pelaku inovator yang memang sedari awal ingin membawa karyanya ke arah komersial untuk mampu memastikan keamanan dan ketepatan hukum perlindungan kekayaan intelektualnya secara tepat.

Paten adalah salah satu jenis kekayaan intelektual yang menurut UU No. 13 Tahun 2016 melindungi invensi (penemuan) di bidang teknologi. Mudahnya karya bidang teknologi  yang dimaksud entah itu Produk atau Proses atau Pengembangan Produk atau Proses harus dan harus memiliki aspek fungsi teknis. Keunikan dan Keunggulan yang harus diungkapkan adalah hal-hal yang bersifat teknis dari teknologi tersebut. Sebagai contoh, produk berupa formula obat anti malaria maka yang dimaksud aspek teknisnya adalah bagaimana dan berapa formula obat anti malaria yang mampu memberikan efek penyembuhan dari penyakit malaria. Paten berupa proses pembuatan obat anti malaria artinya langkah-langkah seperti apa yang mampu menghasilkan obat anti malaria yang dinilai secara teknis efektif dan memberikan efek penyembuhan yang lebih baik.

Sedangkan Desain Industri adalah jenis kekayaan intelektual yang menurut UU No. 31 Tahun 2000 melindungi suatu kreasi bentuk, konfigurasi, atau komposisi garis atau warna, atau garis dan warna, atau gabungan daripadanya yang berbentuk tiga dimensi atau dua dimensi yang memberikan kesan estetis dan dapat diwujudkan dalam pola tiga dimensi atau dua dimensi serta dapat dipakai untuk menghasilkan suatu produk, barang, komoditas industri, atau kerajinan tangan. Jadi, yang perlu ditekankan dari perlindungan desain industri adalah keunikan dan keunggulannya adalah dari aspek estetika (penampilan estetik/keindahan). Kesan estetika disini adalah untuk daya tarik semata dan bukan suatu yang memiliki efek atau fungsi teknis. Sebagai contoh produk berupa alat elektronik handphone jika yang dilindungi dan menjadi keunikan serta keunggulan adalah penampilan fisik luarnya maka yang paling cocok adalah desain industri. Sedangkan teknologi yang ada dalam handphone itu perlindungan yang paling cocok adalah paten. Perlindungan penampilan luar suatu produk tidak otomatis melindungi substansi teknologi dalam produk tersebut. Dengan kata lain, dalam suatu produk dapat dimungkinkan perlindungan hak kekayaan intelektualnya ada dua misalkan paten dan desain industri.

Baca Juga : Paten untuk Obat dan Terapi

Jika yang dilindungi hanya penampilan luarnya dalam bentuk desain industri saja maka produk tersebut akan “kebal” terhadap kemungkinan adanya pelanggaran desain industri. Namun, produk tersebut tidak akan “kebal” terhadap kemungkinan adanya pelanggaran paten atau jenis hak kekayaan intelektual lainnya. Ilustrasi di atas memberikan gambaran kepada pelaku ekonomi berbasis inovasi untuk mampu memberikan permohonan jenis hak kekayaan intelektual secara tepat dan sesuai kebutuhan. Sejauh produk tersebut “nyawa keunggulan dan keunikannya” ada dalam desain saja maka cukup perlindungan desain industri. Namun, jika  “nyawa keunggulan dan keunikannya” juga ada pada teknologinya atau bahkan ada pada nama “brand” produknya maka pilihan jenis hak kekayaan intelektual lain juga perlu menjadi pertimbangan prioritas untuk diproses pendaftarannya.

Related Posts

rahasia dagang

PATEN VS RAHASIA DAGANG

PATEN VS RAHASIA DAGANG Oleh Ferianto, S.Si., M.H.   Paten adalah salah satu jenis kekayaan intelektual yang menurut UU No. 13 Tahun 2016 me...

Leave A Reply