Mengetahui cara pasang iklan di Google adalah hal yang penting di era digital ini.
Mengingat setiap hari orang melakukan pencarian di google terkait apa yang dia butuhkan.
Dengan beriklan di Google, bisnis Anda akan tampil paling atas pada saat orang mencari kata kunci yang terkait dengan bisnis Anda.
Keunggulannya adalah Anda mendapatkan pelanggan yang lebih siap untuk membeli, dibanding iklan di Instagram/Facebook dimana iklan di sosial media tersebut orang sedang tidak mencari kebutuhannya.
Baca Juga : 14 Tips Fotografi Produk Makanan
Nah berasa kan pentingnya bisa beriklan di Google?
Oke langsung saja, berikut ini
Cara Pasang Iklan di Google Versi Paling Mudah
|
Untuk memudahkan pemasangan iklan Google, gunakan laptop atau komputer Anda ya, langsung aja langkahnya:
-
Search “Google Ads” dan Klik Web Google Ads
-
Klik Mulai Sekarang
Baca Juga : Tips Fotografi Produk Minuman
-
Login dengan akun Google Anda
-
Klik buat akun Google Ads baru
Baca Juga : Mengambil Gambar dari Internet, Apakah Melanggar Hak Cipta ?
Klik “Get More Websites Sales or Sign Ups” (Bisa Pakai Instagram Sebagai Website)
Anda dapat memilih ini baik Anda sudah memiliki website atau belum. Jika belum Anda dapat menggunakan akun Instagram bisnis Anda -
Isi Nama Bisnis Anda
-
Isi Alamat Websites/Instagram Anda
-
Akan Muncul Preview Websites/Instagram Anda
- Baca Juga : Tips Fotografi Produk Elegan Untuk Bisnis Anda
-
Selanjutnya akan muncul preview halaman tujuan yang muncul setelah orang mengklik iklan Anda baik itu Instagram/website AndaBaca Juga : Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT); Pengertian, Syarat, dan Biaya
-
Buat Judul dan Deskripsi Iklan
-
Masukkan kata kunci yang Anda target ingin muncul iklan Anda
-
Masukkan area iklan ingin ditampilkan
Anda bisa menargetkan:
– Iklan tampil di radius kilometer tertentu dari lokasi Anda
Anda dapat mengetik nama jalan, atau nama lokasi Google Maps bisnis Anda jika sudah ada– Iklan tampil di area tertentu misal se-Indonesia, atau masukkan kota/ provinsi Iklan ingin tampil
-
Masukkan budget iklan harian
Pada bagian ini Anda dapat memilih 2 Opsi:
1. Mengikuti rekomendasi budget dari Google
2. Memasukkan anggaran sendiri jika budget Anda lebih kecil atau lebih besar dari rekomendasi Google
Berikut ini tampilan jika mengikuti rekomendasi Google:
Anda akan mendapat:
– rekomendasi budget harian
– estimasi budget bulanan
– estimasi klik ke website/instagram setiap bulanBaca Juga : 4 Cara Bikin Social Proof Biar Usaha Laris Manis
Berikut ini tampilan jika Anda memasukkan budget sendiri:
Anda akan mengetahui budget Anda dibandingkan rata-rata kompetitor yang menargetkan kata kunci iklan serupa. Contohnya disini ketika saya memasukkan budget 50.000 per hari terlihat saya sudah berada di atas rata-rata budget kompetitor saya, namun terlihat dari garis tersebut masih ada yang budget harian nya di atas saya.Anda juga akan mendapat:
– rekomendasi budget harian
– estimasi budget bulanan
– estimasi klik ke website/instagram setiap bulan -
Review Iklan
Anda dapat melihat review seluruh setingan iklan Anda dan mengedit nya dengan mengklik icon pensil
-
Masukkan Info Pembayaran
– Pilih akun tipe individual (bukan perusahaan) & tax information personal
– Isi nama, alamat dan nomer HP -
Pilih Metode Pembayaran
Anda dapat memilih antara metode pembayaran manual atau otomatisKelebihan dan kekurangan masing-masing metode sebagai berikut.
Metode Pembayaran Manual
+ Bisa transfer pakai bank
– Harus topup saldo terlebih dahulu sebelum iklan berjalan
– Waktu saldo aktif setelah top up via transfer menunggu 5-10 hariMetode Pembayaran Otomatis
+ Tidak harus topup saldo, iklan bisa jalan terlebih dahulu dan akan ditagihkan kemudian
+ Iklan langsung tayang tanpa harus menunggu 5-10 hari
– Harus memiliki kartu debit/kredit VISA/Mastercard seperti Jenius
Selesai! Iklan anda akan direview dan segera ditayangkan oleh Google. Semoga berhasil:)
Baca Juga : 4 Cara Bikin Social Proof Biar Usaha Laris Manis
Jangan Lupa Daftarkan Merek Bisnis Anda Biar AmanJangan cuma asik jualan, yuk daftarkan merek bisnis Anda. Rumah Paten hadir sebagai Jasa Daftar Merek Berpengalaman Sejak 2005. Dapatkan konsultasi gratis mengenai merek dagang sekarang juga! |