Tips Fotografi Produk Elegan Untuk Bisnis Anda

Tips-Fotografi-Produk-Elegan-Untuk-Bisnis-Online-Kamu

Fotografi produk adalah salah satu faktor penting yang harus diperhatikan saat berjualan di Internet atau online. Bagi kamu yang sudah memualai bisnis online shop (toko online), kamu perlu mempelajari fotografi produk untuk menghasilkan sebuah foto produk yang estetik sehingga dapat membuat orang tertarik membelinya. Bukan hanya melalui situs toko online saja, beberapa media promosi online seperti media sosial (khususnya Instagram, Twitter, dan Facebooks) juga memerlukan suguhan foto produk yang semenarik mungkin agar banyak pengunjung yang tertarik dan berminat membeli barang tersebut. Para pengunjung toko online sangat senang membandingkan produk dengan jenis yang sama antar toko online. Oleh karenanya, Anda harus memberikan nilai lebih pada produk Anda yaitu dengan menampilkan foto terbaik dari produk Anda. Ketika calon konsumen sudah mulai tertarik dengan fotografi produk Anda, dukung promosi Anda dengan bahasa promosi yang menarik serta kemudahan bertransaksi.

Dan menurut survei dari Weebly, 75% pembeli pada ecommerce menganggap foto produk sangat memengaruhi keputusan pembelian.

Nah Sahabat Rumah Paten, berikut tips fotografi yang akan membuat produk anda terihatlebih estetik dan berkualitas

Baca Juga : Tutorial Memulai Bisnis Online

1. Siapkan Background Warna Putih, Buatlah Studio Mini Untuk Meminimalisir Pengeluaranmu!

Foto-Produk

Membuat studio mini lebih menghemat biaya,untuk kamu yang ingin memulai berjualan online. Tidak perlu mengeuarkan biaya yang besar untuk menyewa studio foto. Berikut tips membuat studio mini : 

Apasih keuntungan nya menggunakan backgroun warna putih? Berikut penjelasan nya:

  1. Foto produk menjadi terlihat bersih.
  2. Foto produk ditampilkan secara konsisten.
  3. File foto menjadi lebih kecil.
  4. Konsentrasi konsumen terfokus pada produk, bukan pada background.
  5. Profesional.

Baca Juga : Buat Apa Ya Mendaftar Kan Merek?

2. Gunakan Kamera Yang Berkualitas

FotoProduk-2 Memiliki kamera yang mahal memang bagus karena dilengkapi dengan peralatan yang berkualitas tinggi, tapi hal tersebut bukanlah satu-satunya penentu dalam menghasilkan gambar yang bagus. ingatlah bahwa foto yang bagus tercipta dari serangkaian pilihan dengan menggabungkan pencahayaan, gaya, serta pengolahan pasca pemotretan.

Jika hanya memakai kamera ponsel pun tidak masalah, asakan hasil foto nya tidak blur dan detail fokus pada produk pada produk dapat terlihat dengan jelas.

Baca Juga : Boleh Mengambil Gambar Dari Internet

3. Tentukan Sumber Cahaya Yang Dapat Membuat Produk Terihat Estetik

Foto-Produk-3

Cahaya merupakan elemen penting dalam fotografi karena fotografi merupakan teknik melukis cahaya. Kamu bisa menggunakan sumber cahaya dari matahari atau lampu. Namun, pastikan cahayanya tidak berlebihan, karena dapat menghasilkan foto dengan kontras yang kuat dan highlight yang sangat terang.

Baca Juga : Harga Jasa Daftar Merek,Hak Cipta,Paten Murah Dan Terlengkap

4. Gunakanlah Model, Jika Produk Kamu Bersifat Sesuatu Yang bisa Di Pakai

Foto-Model

Untuk produk khusus nya jenis fashion ini sangat lah penting untuk menggunakan model sebagai daya tarik penjualan. Produk yang terlihat pas ketika di pakai oleh seorang model akan memberikan sebuah gambaran pada pembeli, Sehingga produk yang kamu jual akan terlihat lebih menarik dibandingkan tanpa model.

Baca Juga : Cara Pendaftaran Hak Paten

5. Sudut Pengambilan Fotografi Produk

Sudut-PandangFoto

 

Fotografi produk sudah pasti akan mewakili brand produk Anda. Terlebih didukung kualitas fotografi yang baik, calon konsumen akan semakin yakin dengan brand produk Anda. Jika calon konsumen sudah merasa yakin dengan brand produk Anda, peluang mereka untuk membeli produk Anda sangat besar.

Sudut pengambilan gambar pada produk pasti sangat mempengaruhi hasil pemotretan fotomu. Untuk foto produk kuliner atau makan akan lebih menarik jika pemotretan diambil dari atas, Sedangkan foto baju atau fashion lebih baik difoto dari depan dan belakang.Selain itu, jika perlu, kamu bisa mengambil beberapa foto dari berbagai angle untuk menunjukkan detail penampakan produk dari berbagai sisi.

Baca Juga : Hal Pertama Ketika Membuka Bisnis

6. Hindari Melakukan Zoom Atau perbesaran Jika Menggunakan Kamera HP

Zoom-Kamera-HP

Akibat Filter Zoom Kamera :

  1. Foto Menjadi Pecah
  2. Hasil Foto Tidak Maksimal
  3. Kualitas Foto Akan Buruk
  4. Foto Menjadi Blur Dan Tidak Jelas
  5. Hasil Jepretan Tidak Memuaskan

Baca Juga : Tips Fotografi Produk Makanan Untuk Bisnis Kuliner

7. Edit Foto Untuk Memberikan Watermark Pada Foto Produk

Watermark

Untuk menyempurnakan foto produk, dilakukan proses pengeditan menggunakan program aplikasi edit foto. Usahakan foto produk terlihat natural meski telah diedit. Jangan lupa tambahkan watermark agar orang lain tidak bisa menggunakan foto kamu seenaknya. Selain itu, compress atau perkecil ukuran foto sebelum diunggah ke website toko online kamu.

Baca  Juga : Cara Daftar Merek Dagang Online

Untuk kamu yang sudah mempunyai sebuah bisnis atau ingin menjalankan bisnis, Jangan sampai nama Merek Brand kamu yang sudah kamu besarkan dengan susah payah dapat di ambil oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab. Merek Dagang (Brand) sangat lah penting bagi seorang pengusaha, Karena brand adalah personal identitas Anda. Sebagai pelaku bisnis penting sekali untuk mengenal dan merumuskan brand Anda, karena tidak hanya mencoba untuk membuat impression yang kuat tetapi memungkinkan bagi konsumen dan mitra untuk mengenal perusahaan Anda.

Rumah-Paten-min

Baca Juga : Klik Konsutasi Haki

Rumah Paten hadir sebagai Jasa Daftar Merek, Paten, Hak Cipta, dan Desain Industri Murah untuk UMKM dan Non UMKM.

Ditangani langsung oleh Konsultan HKI Terdaftar yang berpengalaman mendaftarkan lebih dari 350 merek dagang. Dapatkan konsultasi gratis mengenai merek dagang atau daftar merek via online sekarang juga!

 

Staf Rumah Paten, Hapsa senang mempelajari Kekayaan Intelektual di bawah bimbingan Konsultan HKI Terdaftar di Rumah Paten.

Related Posts

Modul Kekayaan Intelektual

[pdf-embedder url="https://rumahpaten.id/wp-content/uploads/2021/02/Modul-Ki-lat-untuk-Pemula_compressed.pdf" title="Modul Ki-lat untuk Pemula_compres...